Terhubung dengan kami

Media

Kremlin melarang outlet media Uni Eropa

SAHAM:

Diterbitkan

on

Rusia telah melarang 81 media yang berbasis di UE, mengklaim bahwa mereka “secara sistematis menyebarkan informasi palsu tentang kemajuan operasi militer khusus [invasi Rusia ke Ukraina].”.

Kementerian Luar Negeri Rusia mengumumkan keputusan tersebut pada Selasa (25 Juni) sebagai tanggapan terhadap pembatasan Uni Eropa terhadap media propaganda Rusia.

Larangan daring Rusia berlaku untuk lembaga penyiaran dan organisasi berita nasional di Austria, Republik Ceko, Estonia, Yunani, Finlandia, Prancis, Irlandia, Italia, Latvia, Lituania, Malta, Belanda, Portugal, Spanyol, dan Swedia, namun tidak di Jerman atau Polandia .

Juga dilarang oleh Kremlin adalah beberapa surat kabar paling terkenal di Eropa, termasuk Berlingske di Denmark, Le Monde and Liberation di Prancis, FAZ, Der Spiegel, dan Die Zeit di Jerman, Irish Times, La Repubblica di Italia, NRC di Belanda, dan El Pais di Spanyol.

Empat media yang berfokus pada UE, Agence Europe, Politico dan EUObserver di Brussels dan RFE/RL di Praha, termasuk dalam larangan tersebut.

Moskow tidak mengidentifikasi media lain yang berfokus pada UE, seperti EU Reporter, Euractiv, atau Euronews.

Pemerintah Rusia juga tidak mengikutsertakan semua media pro-Rusia di Hongaria, kecuali satu media independen, 444.hu.

Kementerian tersebut menggambarkan tindakan tersebut sebagai reaksi yang “cermin dan proporsional” terhadap tindakan Uni Eropa terhadap media Rusia.

“Jika pembatasan terhadap media Rusia dicabut, pihak Rusia juga akan mempertimbangkan kembali keputusannya sehubungan dengan operator media tersebut,” kata Kedutaan Besar Rusia.

Pada hari Senin, Uni Eropa memasukkan empat saluran propaganda Rusia ke dalam daftar hitam: Voice of Europe, RIA Novosti, Izvestia, dan Rossiyskaya Gazeta.

Dalam penyelidikan baru-baru ini yang dilakukan oleh intelijen Belgia, Ceko, dan Polandia, Voice of Europe, yang berbasis di Praha, dituduh menyuap anggota Parlemen Eropa agar bertindak mewakili Rusia. Hal ini masih diselidiki.

Sebelumnya, UE melarang stasiun Rusia Katehon, Pervyi Kanal, REN TV, Rossiya 1, Rossiya 24, Spas TV, Sputnik, Russia Today, Tsargrad TV, dan sejumlah anak perusahaan mereka.

Mereka juga telah memasukkan lebih dari 100 orang Rusia ke dalam daftar hitam karena mempromosikan propaganda, termasuk pemimpin redaksi RT Margarita Simonyan dan pembawa berita TV Vladimir Soloviev.

Menurut kelompok Reporters Without Borders (RSF) yang berbasis di Paris, Rusia berada di peringkat terbawah di dunia dalam hal kebebasan pers (peringkat 162 dari 180). Situs web RSF juga diblokir di Rusia.

Věra Jourová, komisaris nilai UE, menyatakan di X bahwa larangan media Rusia adalah pembalasan yang tidak perlu.

“Sumber propaganda yang didanai Rusia yang menyebarkan disinformasi sebagai bagian dari strategi militer Rusia tidak sama dengan media independen. Negara-negara demokrasi memahami hal itu,” katanya.

Bagikan artikel ini:

EU Reporter menerbitkan artikel dari berbagai sumber luar yang mengungkapkan berbagai sudut pandang. Posisi yang diambil dalam artikel ini belum tentu milik Reporter UE.

Tren